Load more

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Kappaphycus alvarezii) BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BARRU

sentral edukasi

ABSTRAK

Penyusun: SUDARMI, Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Rumput Laut (Kappapycus alvarezii) Berkelanjutan Di Kabupaten Barru (di bimbing oleh Dr. Ir. Asbar, M.Si. dan Dr. Ir. Rustam, M.Si.).

Penelitian bertujuan (1) Menganalisis faktor-faktor utama yang berpengaruh dan besarnya konstribusi faktor-faktor tersebut terhadap pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Barru.(2). Menentukan strategi kebijakan pengembangan budidaya rumput laut di Kabupaten Barru.

Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Barru. Metode penelitian adalah observasi, interview, participatory rapid appraisal, fokus group discussion,. Analisis SWOT dan A’WOT

Hasil penelitian: Faktor-faktor utama yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha budidaya rumput laut berkelanjutan di Kabupaten Barru adalah : (a) Kualitas perairan yang masih layak untuk kegiatan budidaya rumputlaut, (b) Potensi Perairan Lepas Pantai masih cukup besar untuk pengembangan usaha budidaya rumput laut, (c) Metoda budidaya rumput laut yang cukup sederhana, (4) Budidaya rumput laut dapat dilakukan pada skala usaha kecil, (5) Tinnginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya rumput laut, (6) Permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap komoditas rumput laut, dan (7) Perhatian pemerintah terhadap pengelolaan perikanan cukup besar.

Dengan menggunakan analisis A’WOT dalam merumuskan strategi pengembangan usaha budidaya rumput laut yang berkelanjutan di kabupaten Barru, alternatif strategi yang menjadi prioritas adalah : Penataan ruang/zonasi wilayah pesisir dan laut, bobot 0,03455. Peningkatan bintek budidaya (pemilihan bibit, pemeliharaan, pascapanen dan manejemen usaha, bobot 0,1936.

Penerapan metoda long line dan rakit apung di perairan lepas pantai, bobot 0,1007. Peningkatan peran masyarakat dalam pengembangan rumput laut dan membentuk kemitraan antara pembudidaya dan pengusaha dengan bobot nilai 0,0826. Pengutan modal dan pembentukan Kelompok Usaha Bersama , bobot nilai 0,0752.
Download Full SKRIPSI File Type DOC:
http://www.4shared.com/rar/GfI9dry5ba/14_Plod.html

0 komentar:

Post a Comment